Studio Pembuat Anime - Raison D'être

Studio Pembuat Anime

Anime merupakan salah satu produksi film animasi yang dihasilkan oleh Jepang dan telah terkenal di banyak negara. Anime di garap oleh studio-studio animasi yang ada di Jepang. Perkembangan studio animasi sendiri juga cepat dari segi grafis karena juga semakin berkembangnya teknologi untuk pembuatan animasi itu sendiri, sehingga setiap studio animasi saling berlomba-berlomba untuk menghasilkan anime-anime terbaik karya mereka. Selain itu banyak juga studio-studio animasi yang bermunculan, studio-studio yang bermunculan kebanyakan didirikan oleh orang-orang yang sebelumnya bekerja di sebuah studio animasi yang kemudian keluar dan mendirikan studio animasi sendiri.

Berikut beberapa studio animasi yang cukup terkenal, khususnya untuk para sobat otaku :

1. P.A. Works


Progessive Animation Works yang lebih dikenal dengan P.A. Works merupakan studio animasi yang berada di Nanto, Toyama. Studio ini berdiri pada tahun 2000 oleh Kenji Horikawa yang sebelumnya pernah bekerja di beberapa studio animasi sebelum dia keluar dan mendirikan studio animasi sendiri. Seri anime yang garap pertama oleh P.A. Works "True Tears" pada tahun 2008. Setelah banyak anime terkenal yang telah di garapnya seperti Angel Beats!, Another, Shirobako, Charlotte.

2. Studi Ghibli


Studio Ghibli merupakan stduio animasi yang berada di Koganei, Tokyo. Didirkan pada tahun 1985 oleh salah seorang sutradara ternama Hayao Miyazaki dengan rekan-rekannya. Walaupun studio ini berdiri pada tahun 1985, anime pertama yang menjadi cikal bakal berdirinya studio ini telah di garapnya pada tahun1983 dengan film "Nausicaä of the Valley of the Wind". Beberapa anime lainnya yang cukup terkenal seperti My Neighbour Totoro, Kiki's Delivery Service, Princess Mononoke. Banyak dari anime-anime garapannya yang telah mendapatkan penghargaan yang di sutradarai oleh Hayao Miyazaki. Untuk mempertunjukkan dan menghidupkan tokoh-tokoh dari Studi Ghibli, didirikan sebuah Museum Ghibli pada tahun 2001 di Mitaka, Tokyo.

3. Manglobe


Manglobe merupakan studio animasi yang berdiri pada tahun 2002 oleh produser dari Sunrise, Shinichi Kobayashi dan Takashi Kochiyama. Sayangnya, pada tahun 2015 studio ini telah menyatakan bangkrut. Studio ini terkenal dengan karya anime originalnya Samurai Champloon dan Ergo Proxy. Beberapa anime lainnya yang pernah di garap seperti Deadman Wonderland, Mashiroiro Symphony, Gangsta.

4. Production I.G


Prodoction I.G ("I.G" diambil dari nama inisial pendiri yaitu Ishikawa dan Goto) merupakan studio animasi yang terletak di Musashino, Tokyo oleh Mitsushisa Ishikawa Takayuki Goto yang berdiri pada tahun 1987. Studio ini tidak hanya dalam produksi anime, tetapi juga terlibat dengan perancangan permainan video. Beberapa anime terkenal yang garapnya seperti Ghost in the Shell,  Psycho-Pass, Blood-C, Guilty Crown, Kuroko's Basketball, Attack on Titan, Haikyu!!, Joker Game, dll.

5. Bones


Bones merupakan studio animasi yang terletak di Suginami, Tokyo yang berdiri sejak tahun 1998 oleh Masahiro Minami, Hiroshi Ousaka, dan Toshihiro Kawamoto. Beberapa anime originalnya yang cukup terkenal seperti Eureka Seven dan Darker than Black. Banyak juga anime-anime adaptasi yang digarapnya seperti Full Metal Alchemist, Soul Eater, Zetsuen no Tempest, Gosick, Noragami, Mob Psycho 100, Bungou Stray Dogs, Boku no Hero Academia.

6. Kyoto Animation


Kyoto Animation atau biasa disebut KyoAni merupakan studio animasi yang juga merupakan penerbit Light Novel yang bertempatkan di Uji, Kyoto. Didirkan pada tahun 1981 oleh Yoko Hatta (mantan karyawan studio animasi di Jepang yang kemudian mendirikan Kyoto Animation) dan suaminya Hideaki Hatta. KyoAni sempat ditempa musibah kebakaran di bulan Juli 201 yang memakan beberapa korban, walaupun demikian KyoAni tetap bangkit dan kembali seperti semula. Sudah cukup banyak anime garapannya yang telah populer seperti Clannad, The Melancholy of Haruhi Suzumiya, K-On, Violet Evergarden, Love Chunibyou & Other Delusions.

7. Pierrot


Pierrot merupakan studio animasi yang telah berdiri sejak tahun 1979 dan bertempatkan di Mitaka, Tokyo. Studio dengan logo yang unik "badut" ini didirikan oleh mantan karyawan salah satu studio animasi di Jepang dan telah memenangkan beberapa penghargaan Animage Anime Gran Prix Award dengan anime garapannya YuYu Hakusho dan Saiyuki. Ada beberapa anime ditahun 1990an yang juga pernah pernah populer di Indonesia dengan tayangnya Flame of Recca dan Tensai Bakabon. Anime-anime lainnya yang cukup terkenal seperti Bleach, Naruto, Beelzebub, Tokyo Ghoul, Black Clover.

8. Sunrise


Sunrise merupakan studio animasi yang juga anak perusahaan dari Bandai Namco yang bertempatkan di Suginami, Tokyo. Berdiri di tahun 1972 dengan nama Sunrise Studio yang kemudian menjadi Nippon Sunrise dan terakhir menjadi Sunrise. Beberapa anime garapannya pernah tayang di Indonesia seperti Gundam, Crush Gear Turbo, Kekkaishi, Inuyasha. Anime lainnya yang juga populer seperti Gintama, Love Live School Idol Project, Code Geass, Accell World, Cross Ange.

9. Madhouse


Madhouse merupakan studio aninasi yang bertempatkan di Nakano, Tokyo. Berdiri sejak tahun 1972. Didirikan oleh 4 orang animator yang juga mantan karyawan studio animasi di Jepang, yaitu Masao Maruyama, Osamu Dezaki, Rintaro, dan Yoshiaki Kawajiri. Anime-anime garapannya banyak yang populer dan beberapa pernah tayang di Indonesia seperti Cardcaptor Sakura, Beyblade, Hunter x Hunter. Anime lainnya yang populer seperti Death Note, One-Punch Man, Black Lagoon, Btoom!, Princess Resurrection, Aoi Bungaku, High School of The Dead, Chihayafuru, The Irreguler at Magic High School, No Game No Life, Death Parade, Parasyte, Overlord

10. Toei Animation


Toei Animation merupakan studio animasi yang dimiliki oleh Toei Company yang bertempatkan di Nerima, Tokyo. Berdiri pada tahun 1948 dengan nama Japan Animated Films yang kemudian menjadi Toei Animation. Dibentuk oleh Kenzo Masaoka dan Zenjiro Yamamoto. Banyak dari anime nya yang telah populer dan beberapa diantara juga pernah tayang di Indonesia seperti Sailor Moon, One Piece, Gege no Kitaro, Digimon, Saint Seiya, Dragon Ball, Slam Dunk, Hell Teacher Nube, Yu-Gi-Oh!, Kinnikuman, Aoki Densetsu Shoot.

11. J.C. Staff


J.C. Staff merupakan studio animasi yang bertempatkan di Musashino, Tokyo. Didiikan 1986 oleh Tomoyuki Miyata yang sebelumnya juga pernah bekerja di studio animasi di Jepang. Telah banyak anime yang digarapnya dan juga populer seperti Date a Live, Toradora!, Little Busters!, Kaichou wa maid-sama, Sakurasou no Pet Kanojo, A Certain Magical Index, Shokugeki no Souma, Shakugan no Shana, Azumanga Daioh, Taboo-Tattoo, Prison School, Kimi to Boku, DanMachi.

12. A-1 Pictures


A-1 Pictures merupakan studio animasi yang bertempatkan di Suginami, Tokyo yang juga merupakan anak dari Sony Music Entertainment. Usianya terbilang cukup muda karena baru berdiri di tahun 2000an tepatnya pada tahun 2005. Didirikan oleh Mikihiro Iwata yang sebelumnya juga pernah bekerja di sebuah studio animasi di Jepang. Walaupun terbilang usia studionya masih mudah, tapi sudah cukup banyak anime populer yang telah di garapnya seperti Fairy Tail, Black Butler, SAO, Working!!, Blue Exorcist, Oreimo, The Idolmaster, Servant x Service, Saekano, Nanatsu no Taizai, Your Lie in April, Eromanga Sensei, Blend S.

13. Doga Kobo


Doga Kobo merupakan studio animasi yang bertempatkan di Nerima, Tokyo. Berdiri sejak tahun 1973 yang didirikan oleh Hideo Furusawa dan Megumu Ishiguro yang dulunya juga merupakan staf dari sebuah studio animasi di Jepang. Banyak dari anime garapannya yang telah populer seperti Yuru Yuri, Plastic Memories, Touken Ranbu: Hanamaru, Himoutou! Umaru-chan, Love Lab, New Game, Gabriel DropOut.

14. Silver Link


Silver Link merupakan studio animasi yang bertempatkan di Tokyo. Studio ini sama halnya seperti A-1 Pictures yang berdiri di tahun 2000an tepatnya pada tahun 2007 atau dapat dikatakan selisih 2 tahun lebih muda dari berdirinya A-1 Pictures yang didirikan oleh Hayato Kaneko. Cukup banyak juga anime yang digarapnya yang telah populer seperti Baka to Test, Tasogare Otome x Amnesia, Kokoro Connect, Imoutou Sae ireba Ii, Strike the Blood, Fate/kaleid liner Prisma Ilya, Non Non Biyori, Masamune-kun no Revenge, Death March to the Parallel World Rhapsody.

15. Studio Deen


Studio deen merupan studio animasi di Jepang yang berdiri sejak tahun 1975. Didirikan oleh seorang animator yang dulunya pernah bekerja disebuah studio animasi di Jepang yaitu Hiroshi Hasegawa. Beberapa anime populernya pernah tayang di Indonesia seperti Ranma, Rurouni Kenshin (Samurai X), Initial D. Anime lainnya yang juga populer seperti Hell Girl, Fate/stay night, Sankarea, KonoSuba, Kore wa Zombie Desuka?.

Itu lah beberapa studio animasi di Jepang yang cukup terkenal ditelinga para sobat Otaku, walaupun sebenarnya masih banyak lagi studio animasi lain di Jepang yang juga telah menggarap anime-anime lain yang tentunya populer juga.

Refference :

en.wikipedia.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2012 Campuranz Blogger Templates