Light Novel (LN) - Raison D'être

Light Novel (LN)

Picture by Google

Light Novel (LN) atau "Raito Noberu" dalam bahasa Jepang dan di Jepang sendiri lebih deikenal "Ranobe", merupakan buku bacaan yang termasuk salah satu jenis novel. Bacaan pada LN juga disisipi beberapa ilustrasi anime atau manga yang menggambarkan bagian cerita di dalamnya. LN umumnya ditujukan untuk kalangan sekolah menengah atau remaja. Gaya bahasanya sendiri dapat dikatakan lebih sederhana dibanding novel-novel sastra pada umumnya dan juga karena itu sendiri juga bertujuan sebagai hiburan yang ditujukan untuk kalangan remaja.

Sejarah LN sendiri dimulai dari majalah Roman Picisan dan untuk menarik pembaca, pada tahun 1970-an majalah jenis tersebut disisipi oleh ilutrasi-ilustrasi di dalam cerita dan menyertakan artikel mengenai anime, manga, game populer yang kemudian semakin dikembangkan mengikuti zaman dan kemudian serial tersebut yang suskses dicetak ke dalam bentuk buku[1]. Banyak juga LN yang cukup populer yang kemudian diadaptasikan menjadi manga, anime hingga game.

Di Indonesia sendiri untuk LN terjemahan bahasa Indonesia masih kurang, walaupun juga cukup banyak dari judul-judul LN yang populer diterbitkan dalam bahasa Indonesia seperti Absolute Duo, No Game No Life, Zero's Familiar. Namun penerbitan seri-seri dari novel tersebut tidak lah lengkap mengikuti novel asli Jepangnya yang telah terbit. Mungkin beberapa faktor penyebabnya entah dari peminatnya, lisensi, atau juga harganya.

Buat kalian pecinta LN, kalian bisa download LN terjemahan Indonesia yang dapat kalian download langsung di website KaruiNovel.

Refference
[1] https://id.wikipedia.org/wiki/Novel_ringan#cite_note-autogenerated1-2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2012 Campuranz Blogger Templates