Corona, Bagaimana Cara Mencegahnya? - Raison D'être

Corona, Bagaimana Cara Mencegahnya?

Berhubung sekarang lagi gencarnya-gencarnya Corona, kali ini gw juga jadi tergelitik ingin membahas terkait corona terutama untuk pencegahaanya. Corona ini juga telah menyebar luas hampir diseluruh belahan dunia. Penyebaran corona ini samapi-sampai memunculkan beberapa konspirasi. Gw sempat membaca di beberapa situs dan juga menonton salah satu channel Youtube yang mengatakan bahwa corona merupakan senjata biologis. Sempat gw pikir seperti di film-film tentang pembuatan senjata biologis namun terjadi kebocoran yang akhirnya membuat area tersebut harus di isolasi. Entah benar atau tidak, tapi kalau dipikir secara akal memang bisa juga itu merupakan senjata biologis yang sengaja dibuat. 

Tapi menurut gw yang jelas ini merupakan salah satu teguran dari yang Maha Kuasa untuk kita agar lebih dekat dengan-Nya. Karena dengan adanya ini semua orang mulai panik dan merasa takut, sehingga mulai mendekatkan diri dengan-Nya. Kepanjangan ternyata basa-basi gw, langsung saja gw bahas terkait corona dan pencegahannya

Corona


Corona apaan sih? Minuman Corona atau mobil Corona?
Bukan cuy, jadi Corona (COVID-19) merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh SARS-CoV-2. Virus ini di identifikasi berasal dari Wuhan, China pada Desember 2019 yang kemudian menyebar secara global. Dengan munculnya virus ini, banyak daerah-daerah yang melakukan lockdown guna memutus rantai persebarannya. Geajalanya sendiri tidak beda jauh dengan flu biasa yaitu pilek, batuk, sakit tenggorokan kemudian mulai sesak napas, kelalahan, nyeri otot, diare.

Pencegahan Corona

Untuk pencegahannya juga tidak jauh berbeda seperti halnya mencegah flu biasa ataupun penyakit penyakit yang lain, yaitu yang paling utama menjaga pola hidup sehat dan bersih. Karena corona juga lebih mudah menyerang orang-orang dengan kondisi imun tubuh yang yang lemah, oleh karena itu banyak dari kalangan anak kecil atau lansia yang rentan terserang. Berikut yang perlu diperhatikan dalam pencegahan corona yaitu dengan meningkatkan imun tubuh.

1. Makanan-Minuman

Ada banyak makanan yangdapat dikonsumsi untuk menjaga dan meningkatkan imun tubuh. Seperti buah-buahan dan sayuran. Buah-buahan yang dapat meningkatkan imun tubuh umumnya ysng mengandung vitamin C karena memiliki sifat antioksidan. Seperti macam-macam jeruk dan macam-macam jenis berry seperti stroberi, bluberi. Dan juga apel, tomat, jambu, mangga ataupun semangka.

Selain buah-buahan, ada juga beberapa sayuran yang juga baik untuk meningkatkan imun tubuh seperti bayam (kalau sobat pernah nonton film Popeye yang kuat setelah makan bayam, memang tidak salah karena bayam dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh), brokoli, dan paprika merah.

Ada juga beberapa dari jenis umbi-umbian seperti bawang putih, kentang manis, kunyit dan jahe. Untuk kunyit dan jahe banyak yang memanfaatkannya dengan cara dibuat menjadi minuman.

2. Kelola Stres

Stres dapat membuat imun tubuh menjadi menurun, semakin tinggi tingkat stres imun tubuh pun semakin menurun. Oleh karena itu perlu menjaga pikiran kita agar tidak stres tingkat tinggi, bagaimana caranya? Salah satu caranya adalah melalukan hal-hal yang positif atau yang kita senangi tentunya yang dapat dilakukan di rumah saja. Mungkin salah satunya bisa masak-masakan, belajar, ngegame, atau apa saja yang dapat membuat happy. Ada sebuah cerita juga seorang pasien Corona di Wuhan yang sembuh setelah menonton Anime (bisa menjadi salah satu pilihan ketika dirumah, tapi hati-hati jadi Wibu ). Itu menunjukkan kalau kita happy, tentu imunitas tubuh kita juga meningkat.

3. Olahraga

Untuk olahraga pastinya lumayan banyak. Selain itu juga sudah banyak perlengkapan-perlengkapan olahraga yang dapat dipergunakan dirumah. Yang jelas olahraga juga berfungsi untuk meningkatkan imunitas tubuh kita. Tentunya olahraga yang dilakukan juga tidak berlebihan karena jika berlebihan pastinya akan membuat capek berat dan bukanya imunitas meningkat tapi malah menurun. Ada beberapa olahraga yang umumnya dilakukan di luar ruangan, namun oleh beberapa orang dan bahkan oleh atlet dilakukan didalam rumah. Mungkin sobat semua dapat memutuskan sendiri olahraga apa saja yang bisasobat lakukan dan tentunya sobat juga nyaman melakukannya.

Jika kita semua memperhatikan ketiga hal tersebut Insyallah diberikan kesehetan, selebihnya yang Kuasa lah yang memutuskan, kita cuma bisa berusaha. Dan yang terpenting lagi tetap melakukan Social Distancing, Jaga kebersihan, Jaga jarak Aman, dan Menggunakan masker jika keluar.

"Tim medis selalu siap di Rumah Sakit untuk kita, jadi kita semua juga harus tetap dirumah untuk mereka"

Refference :

en.wikipedia
holisticare.co.id
liputan6.com
brilicious.brilio.net
harianhaluan.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2012 Campuranz Blogger Templates