Wisata Bandung - Raison D'être

Wisata Bandung

Ketemu lagi sobat-sobat semua yang setia mengunjungi blog gw (kalo ada sih 😂). Dari postingan gw sebelumnya, gw sedikit mengasih rekomendasi tempat tongkrongan. Sekarang gw mau mengasih rekomendasi tempat-tempat wisata yang ada di Bandung. Kenapa eh kenapa udah 5 tahun di Bandung tapi gw baru-baru ini nulis tentang Bandung, mungkin bawaan sedih soalnya bakal ninggalin Bandung kali ya 😭. Eh, malah curcol gw nya, sorry semuanya. Gak usah panjang-panjang intermezzo nya, langsung aja silahkan dibaca rekomendasi tempat wisata di Bandung buat yang mau berkunjung ke Bandung dan para travelers juga tentunya.

Pertama gw mau kasih rekomendasi tempat wisata buat didaerah perkotaan dulu.

1. Museum Asia Arika

Picture by Google
Museum Asia Afrika mestinya udah pada tau semua lah nama itu, kalo sampai gak tahu pasti dulu sekolah waktu pelajaran sejarah tidur atau cabut 😝. Museum ini merupakan gedung tempat diselenggarakannya Konfrensi Asia Afrika (KAA). Museum ini sendiri berada di Jl. Asia Afrika dan berada di pusat Kota Bandung. Untuk jam bukanya Selasa-Kamis jam 08.00-16.00, Jum'at 14.00-16.00, dan Sabtu-Minggu 09.00-16.00 dan tiket masuknya sendiri free alias gratis. Buat yang lagi bepergian ke Bandung bisa dicoba kesini terlebih lagi buat para penyuka sejarah.


2. Masjid Raya Bandung / Alun-alun Bandung


Setelah berkunjung ke Museum Asia Afrika, bisa langsung mengunjungi Masjid Raya Bandung buat yang mau melaksanakan sholat dan mungkin juga yang mau foto-foto disana juga bisa. Dan juga tepat didepan Masjid ini atau bisa dibilang juga halamannya merupakan Alun-alun kota Bandung. Jaraknya dekat sekali, jadi dari Museum Asia Afrika hanya tinggal jalan kaki sudah sampai. Ibarat kata, tinggal merem doang udah nyampek.










3. Braga

Picture by Google
Untuk jalan-jalan malam, mungkin bisa lanjut ke Braga. Braga junga tidak jauh dari Masjid Raya Bandung dan Museum Asia Afrika. Yang mau cari keramaian di Bandung, bisa coba jalan-jalan ke Braga. Braga sendiri merupakan nama sebuah jalan di Bandung. Di Braga ini ada banyak cafe ataupun restaurant, mall, bar, dan juga tempat billiyard. Untuk di Baraga sendiri emang lebih pasnya buat jalan-jalan malam.



4. Cihampelas


Sama seperti Braga, Cihampelas merupakan nama jalan. Kalo buat tempat yang satu ini lebih ke tempat untuk belanja-belanja. Disini juga menjadi tempat rombongan-rombongan wisatawan buat belanja-belanja seperti pakaian dan kawan-kawannya. Di Cihampelas juga ada mall nya "Ciwalk" dan ada juga skywalk.











5. Trans Studio Bandung


Tempat wisata ini yaitu tempat wahana-wahana untuk bermain, namun tempatnya indoor berada di dalam mall "Trans Studio Mall". Mungkin model seperti wahana di Mall of Indonesia kali ya (padahal gw belum pernah kesono 😁). Trans Studio ini letaknya ada di Jl. Gatot Subroto. Jadi buat yang ingin menikmati wahana-wahana permainan dan tidak ingin kepasan, bisa dicoba di Trans Studio Bandung ini. Untuk harga tiket dan jadwal terupdate bisa langsung dikunjungi ke situs resmi Trans Studio.



Habis jalan-jalan perkotaan, sekarang waktunya berwisata agak menjauh sedikit dari perkotaan menuju ke arah utara Kota Bandung.

6. Tebing Keraton


Kalo dilihat dari namanya ada tebing nya, pasti berada di daerah ketinggian. Tebing Keraton ini bisa dibilang juga merupakan wisata alam karena disana kita akan disuguhkan pemandangan-pemandangan alam yang cukup indah dan benar-benar menyegarkan pemandangan mata kita. Disana kita besia melihat pemandangan Taman Hutan Raya Ir. H. Juanda (TAHURA). Tebing Keraton ini berada didaerah Dago Pakar, kalo dari simpang Dago tinggal terus aja naik. Untuk menikmati keindahan Tebing Keraton gw saranin pagi-pagi sekali kesana sekalian bisa melihat sunrise. Disana juga terdapat area buat mendirikan camp kalo ada yang mau camping disana. Tiket masuk juga murah hanya Rp. 11.000 aja, tapi belum parkir ya. Kalo untuk camping kelihatannya ada biaya sendiri lagi, tapi gak tahu juga ya.

7. Observatorium Bosscha


Buat bocah yang pernah nonton film Petualangan Sherina yang di tahun 2000 awalan mungkin masih ada yang ingat tempat yang satu ini. Tempat ini merupakan salah satu tempat yang digunakan syuting pada film Petualangan Sherina. Tempat ini adalah Observatorium Bosscha yang merupakan tempat untuk peneropongan bintang dan Bosscha ini adalah tempat peneropong bintang tertua yang ada di Indonesia. Boscha berada di daerah Lembang tepatnya di Jl. Peneropongan Bintang No. 45. Untuk hari dan jam bukanya hari Selasa-Jum'at jam 09.00-14.30 khusus rombongan besar dan hari Sabtu jam 09.00-13.00 untuk yang perorangan atau jumlah kecil. Untuk harga tiketnya juga terbilang murah,cukup dengan kocek Rp.15.000 saja. Disana bisa masuk ke dalam teleskop besar yang digunakan untuk meneropong bintang yang nantinya juga akan diberikan informasi dan penjelasan seputar teleskop tersebut. Kemudian disana kita juga bisa masuk ke ruang multimedia yang mana disana kita akan dijelaskan seputar astronomi.

8. De' Ranch


Mungkin ada dari salah satu kalian yang ingin melihat atau merasakan sensasi koboi yang seperti di film-film Amerika, nah tempat ini cocok sekali buat yang ingin merasakan sensasi seorang koboi namun tanpa perlu jauh-jauh ke negara asal sang koboi berada. Kalian bisa langsung menuju De' Ranch yang berada di Jl. Maribaya No.17 Lembang. Disini kalian akan dibuat merasakan suasana berada di tempat atau wilayah sang koboi berada. De' Ranch buka dari Selasa-Minggu dan tiket masuknya Rp. 15.000 dan mendapatkan susu segar. Namun tiket tersebut hanya untuk tiket masuk saja, untuk mencoba wahana-wahana didalamnya ada biaya tiket masing-masing untuk tiap wahana nya.

9. Farmhouse

Picture by Google
Dari namanya dapat dilihat kalau berbau pertanian atau perkebunan. Yap, memang benar karena dapat dibalang seperti itu. Di Farmhouse ini kita akan disuguhkan suasana yang asri bah seperti didaerah pedesaan dan peternakan dengan udara sejuk pegunungan. Disana terdapat binatang-binatang khas peternakan seperti sapi, biri-biri, dan berbagai binatang lainnya. Kalau kata temen gw yang asalnya dari desa pernah bilang, "Itu seperti kandang dibelakang ruamah gw" (haha, hanya buat candaan aja. Tapi buat orang yang tinggal lama diperkotaan pastinya lebih menarik karena cocok untuk tempat refreshing dan khususnya untuk anak kecil tentunya menukai binatang). Tidak hanya itu saja, disana juga ada rumah hobbit seperti di film The Lord of the Rings kalau kalian pernah nonton filmnya serta ada juga bangunan-bangunan gaya Eropa serta persewaan pakaian khas Eropa buat yang ingin bercosplay ala-ala Eropa. Untuk menuju Farmhouse tidaklah sulit, kita hanya perlu melalui jalan arah ke Lembang dan nantinya tepat dipinggir jalanan menuju Lembang telah tertera tulisan Farmhouse. Untuk tiket masuk juga terhitung murah yaitu Rp. 25.000.

10. Tangkuban Perahu

Picture by Google
Legenda Sangkuriang pastinya sudah banyak yang tahu, legenda ini merupakan salah satu yang terkenal di tanah Sunda yang juga menjadi legenda dari Gunung Tangkuban Perahu. Gunung Tangkuban Perahu merupakan salah satu tempat wisata alam yang berada di sebelah utara Kota Bandung. Apabila dari Bandung cukup menuju arah Lembang kemudian menuju jalanan ke arah Subang (Tapi gak sampai di Subang nya lho). Untuk harga tiket terupdate nya bisa dilihat langsung di twatangkubanparahu. Namanya juga gunung, disana kita akan disuguhkan pemandangan alamsalah satunya juga kawah yang ada di Gunung Tangkuban Perahu. Disana juga terdapat area outbond bagi yang ingin bermain outdoor.

11. Pemandian Air Panas Ciater

Picture by Google
Setelah seharian lelah berkeliling di Lembang ataupun Bandung, malam hari cocok waktunya untuk merelaksasikan badan dengan berendam air panas tempatnya di pemandian air panas Ciater. Sebenarnya Ciater merupakan nama daerah di Kabupaten Subang, tapi masih berbatasan dengan Kabupaten Bandung Barat dan juga menjadi salah satu tujuan wisata para travelers yang berkunjung ke Bandung sehingga gw masukin juga ke salah satu tempat wisata Bandung. Kalau menurut gw pemandian air panas Ciater ini memang lebih cocok di malam hari terlebih lagi setelah seharian beraktifitas. Tempat ini tidak terlalu jauh dari Lembang sehingga cocok setelah seharian keliling Lembang kemudian malam hari langsung berendam air panas di Ciater. Tempat pemandian air panas di Ciater ini berbentuk layaknya kolam renang hanya saja bedanya air panas dan juga air panas di Ciater ini merupakan air panas alami. Ada beberapa tempat pemandian air panas di Ciater ini salah satunya yang cukup dikenal adalah Sari Ater.

Setelah jalan-jalan di pusat Kota Bandung kemudian melipir ke sebelah utara Bandung, sekarang kita bisa melipir ke sebelah selatan Bandung.

12. Kawah Putih


Kawah Putih adalah salah satu tempat wisata yang terkenal yang berada di daerah selatan Bandung. Kawah Putih tepatnya berada di daerah atau Kecamatan Ciwidey yang mana merupakan Kawah yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha. Kalau dari pusat Kota Bandung terbilang cukup jauh sekitar 1,5 - 2 jam-an perjalanan dan belum lagi jika saat macetnya. Tapi jangan kahwatir sobat, disana nanti kita juga akan refresh lagi setelah sejuk dan segarnya udara di Ciwidey. Untuk harga tiket masuk dan ontang anting (kendaraan pick up menuju keatas) Rp 35.000 (Tiket masuk = Rp 20.000 dan ontang anting = Rp 15.000). Sebenarnya untuk menuju atas dapat membawa kendaraan pribadi namun lebih mahal, jadi gw saranin untuk menggunakan ontang anting saja.

13. Situ Patenggang / Situ Patengan


Tidak jauh dari Kawah Putih menuju ke arah selatan, kita dapat langsung menuju ke Situ Patenggang. Situ sendiri dapat diartikan danau, jadi Situ Patenggang merupakan wisata alam yaitu danau Patenggang. Situ Patenggang merupakan danau yang cukup luas yaitu 45.000 hektar (wikipedia). Tiket masuk Situ Patenggang Rp 18.000 untuk weekday dan Rp. 20.500 untuk weekend. Di Situ Patenggang juga ada perahu motor untuk pengunjung yang ingin sekedar berkeliling danau dan sekedar untuk pergi ke daratan seberang, hehe.

14. Situ Cileunca

Picture by Google
Sama dengan Situ Patenggang, Situ Cileunca juga merupakan objek wisata alam berupa danau namun Situ Cileunca berada didaerah yang berbeda. Situ Cileunca berada di Kecamatan Pangalengan.  Untuk masuk ke tempat wisata SItu Cileunca sangat murah sekali, hana Rp 5.000. Disana juga terdapat perkebunana stroberi dan juga arbei ang dapat dipetik lagsung dan fresh.Sama seperti di Situ Patenggang, disana juga ada perahu motor untuk pengunjung ang mau berkeliling danau dan pergi ke daratan seberang.

Sebenarnya masih ada banyak lagi tempat-tempat wisata di Bandung, namun cukup segini dulu yang bisa gw rekomendasikan untuk sobat-sobat sekalian. Mungkin akan gw tambah lagi tempat-tempat wisata di Bandung lebih banyak lagi yang bisa gw rekomendasikan ditulisan gw berikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2012 Campuranz Blogger Templates