Network and Operating System - Raison D'être

Network and Operating System

Network

Jaringan komputer (Computer Network) merupakan kumpulan beberapa komputer yang saling terhubung satu sama lain melalui media perantara. Media perantaranya dapat berupa media kabel ataupun tanpa kabel (nirkabel). Informasi berupa data akan mengalir dari satu komputer ke komputer yang lain atau dari komputer ke perangkat keras yang lain sehingga masing-masing komputer saling terhubung dan dapat saling bertukar data atau berbagi perangkat keras.

Jaringan komputer terbagi dalam beberapa klasifikasi, diantaranya :
·         Berdasarkan area atau skala
·         Berdasarkan media penghantar
·         Berdasarkan pola operasi

Berdasarkan area atau skala

            Terbagi dalam 4 jenis :
1.     Local Area Network (LAN) : jaringan local yang dibuat pada area terbatas. Misal dalam satu gedung atau ruangan.
2.    Metropolitan Area Network (MAN) : menggunakan metode yang sama, namun cakupan daerahnya lebih luas. Misal pada anatar gedung yang berbeda dalam satu komplek.
3.  Wide Area Network (WAN) : cakupannya lebih luas lagi dari MAN. Meliputi satu kawasan, Negara, pulau ataupun dunia. Umumnya WAN dihubungkan dengan jaringan telepon digital.
4.  Internet : interkoneksi jaringan komputer dalam skala lebih besar (mirip WAN) yang dihubungkan dengan protocol khusus, yaitu TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

Berdasarkan media penghantar

            Terbagi dalam 2 jenis :
1.   Wire Network : jaringan komputer yang menggunakan media penghantar kabel.
2.   Wireless Network : jaringan tanpa kabel yang melalui media penghantar berupa gelombang radio atau cahaya infrared atau laser.

Berdasarkan pola operasi

            Terbagi dalam 2 jenis :
1.   Client Server : jaringan komputer yang mengharuskan salah satu atau lebih menjadi sebagai server atau central.

2.      Peer to Peer : jaringan komputer dimana setiap komputer dapat menjadi server sekaligus client.

Operating System

Sistem Operasi (Operating System) merupakan perangkat lunak komputer yang bertugas untuk melakukan control dan manajemen  perangkat keras dan juga operasi-operasi dasar system, termasuk menjalankan aplikasi yang bisa digunakan dalam membantu pekerjaan manusia. Sistem operasi merupakan software pada lapisan pertama pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software yang lain berjalan setelah system operasi dijalankan. Sistem operasi melakukan layanan inti umum untuk software-software. Layanan inti umum seperti akses ke disk, manajemen memori, skedulling task, dan antar-muka user sehingga setiap software tidak perlu melakukan tugas inti umum tersebut. Bagian kode yang melakukan tugas inti umum disebut dengan kernel (kernel adalah suatu perangkat lunak yang menjadi bagian utama dari sebuah system operasi yang bertugas melayani macam-macam software untuk mengakses perangkat komputer dengan aman).

Sistem operasi berfungsi menghubungkan lapisan hardware dan lapisan software dan melakukan perintah-perintah penting dalam komputer serta menjamin software-software yang mempunyai fungsi yang berbeda dapat berjalan dengan lancar dalam waktu yang bersamaan. Contoh-contoh Sistem Operasi seperti Windows, Linux, MacOS dan lain-lain.


Sumber referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2012 Campuranz Blogger Templates